FAKTOR - FAKTOR IMK



Faktor - Faktor IMK

Faktor Manusia ( Pengguna )                                                                                                                       • Sistem komputer mempunyai 3 aspek yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), manusia (brainware), yang saling terkait dan berhubungan.
• Ketika hendak membangun sebuah IMK, aspek manusia harus terpikirkan dengan matang, tidak hanya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja.
• Bagaimana manusia menangkap data/informasi, bagaimana memproses dan mengelola informasi yang telah ditangkapnya.
• Manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
– informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
– informasi disimpan dalam ingatan (memori)
– informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
• Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain dan hal ini menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface.

SALURAN INPUT-OUTPUT
Indera yang berhubungan & berkaitan pada IMK :
1. Indera Penglihatan
2. Indera Pendengaran
3. Indera Sentuhan

Faktor Indera Penglihatan
    • Beberapa hal yang mempengaruhi mata dalam menangkap sebuah informasi dengan melihat :
    1. Luminans (Luminance)
    2. Kontras
    3. Kecerahan
    4. Sudut dan Ketajaman Penglihatan
    5. Medan Penglihatan
    6. Warna ( Aspek : -Psikologi, - Perceptual,- Kongnitif

Faktor Indera Pendengaran
1. Suara adalah salah satu elemen untuk penyebara informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran.
2. Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
3. Batas pendeteksian suara oleh manusia : 20 Hertz sampai dengan 20 Kilo Hertz

Faktor Indera Sentuhan
1.Kulit adalah indera manusia yang berfungsi untuk mengenali lingkungan dari rabaan atau sentuhan benda terhadap tubuh manusia.
2.Sentuhan ini dikaitkan dengan aspek sentuhan dalam bentuk media inputan maupun keluaran.
3.Feedback dari sentuhan disini tidak dijadikan sebagai penyaji atau penerimaan informasi, tetapi lebih ke piranti pendukung seperti model keypad handphone, keyboard, mouse, tempat duduk user, dsb.

MEMORI MANUSIA
 • Sebagian besar kegiatan manusia berhubungan dengan memori (ingatan) manusia, seperti saat manusia selalu mengingat semua yang terjadi, memori manusia berisi semua pengetahuan dari urutan perilaku.

• Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori :
– Tempat Penyaringan (Sensor)
– Tempat Memproses ingatan (Memori Jangka Pendek)
– Tempat Memproses Ingatan (Memori Jangka Panjang)

Sensor Memori :          
-Iconic                       ------------->       Memori Jangka Pendek      ------------> Memori Jangka Panjang
-Echoic                          Perhatian                                                      Pengulangan                                       -Haptic

Ket : Iconic : Menerima rangsangan penglihatan
        Echoic : Menerima rangsangan pendengaran
        Haptic : Menerima rangsangan sentuhan    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart program menghitung nilai akhir mahasiswa berdasarkan nilai tugas-nilai uts-nilai uas

Flowchart Penjualan